Minggu, 29 Maret 2009

Air Terjun Carat , Desa Tamblang

Air Terjun Carat, Kelampuak Desa Tamblang
Air terjun ini terletak di wilayah desa Tamblang, tepatnya banjar dinas Kelampuak. Diberi nama Carat karena air terjun ini seperti caratan atau kendi tempat air minum jaman dulu. Banyak masyarakat di sana menyatakan bahwa tempat ini sedikit angker juga. Diharapkan untuk tidak berkata-kata kasar atau merusak apapun di sekitarnya. Untuk mencapai lokasi yang jaraknya sekitar ± 600 meter dari jalan raya dibutuhkan waktu sekitar 15 menit. Ketinggian air terjun ini diperkirakan ± 10-15 meter.

Dari jalan raya terlebih dahulu harus melewati jembatan (titi) yang terbuat dari anyaman bambu di atas aliran sungai kecil. Setelah itu banyak melewati perkebunan peduduk yang banyak ditumbuhi cengkeh dan kopi, jalanan setapak pada tebing-tebing yang terjal dan berliku. Sepanjang jalan menuju lokasi banyak terdapat pipa-pipa, mungkin air terjun ini merupakan sumber air bersih bagi masyarakat sekitarnya.
Air Terjun Carat, Kelampuak Desa Tamblang
Air Terjun Carat, Kelampuak Desa Tamblang
Air Terjun Carat, Kelampuak Desa Tamblang
Air Terjun Carat, Kelampuak Desa Tamblang
Melelahkan sekali memang bagi yang pertama sekali ke air terjun ini. Tapi jika kita telah sampai, maka akan terasa kesejukan air terjun ini dan suara-suara burung yang saling bersahutan. Di tebing-tebing yang lebat dekat air terjun itu terdapat beberapa monyet yang berkeliaran. Suasana di sekitar memang agak hening. Nuansa alami masih sangat terasa sekali. Bagi anda yang suka bertualang, air terjun Carat ini bisa dijadikan obyek petualangan anda. Silakan mengunjunginya sebelum terlambat. Kalau anda melewati jalur Kintamani-Singaraja atau sebaliknya, mampirlah sebentar ke Air Terjun ini, Karena plang nama terpapang besar di pinggir jalan (Carat Waterfall), dan anda akan disuguhi pemandangan yang indah satu lagi jangan lupa untuk mengabadikan photo-photonya.

Saniscara Kliwon Kuningan, 30 Agustus 2008
Reporter TCC di Tamblang Sugi Asmana

Info untuk kenyamanan perjalanan wisata anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar