Sabtu, 07 Maret 2009

Melihat Air Terjun Telun Berasap

Saturday, 07 March 2009 02:18





























Cuaca Panas, Mengeluarkan Pelangi Besar

Air Terjun Telun Berasap merupakan salah satu air terjun terbesar di Kerinci, yang bisa menjadi salah satu pilihan kunjungan wisatawan. Apa saja dayatarik wisata alam air terjun ini.

WIRDIANTO- SUNGAIPENUH

Objek wisata air Terjun Telun Berasap terletak di sebelah utara Kabupaten Kerinci berbatasan dengan Kabupaten Solok Selatan, tepatnya di Desa Telun Berasap Kecamatan Gunung Tujuh. Jaraknya hanya sekitar 60 Km dari ibukota Sungaipenuh.

Bunyi gemuruh air sudah terdengar dari jalan Raya Kayu Aro Sumbar, tempat parkir kendaraan. Begitu memasuki lokasi, terlihat asap putir yang dihasilkan oleh air terjun. Karena itupula air terjun tersebut disebut Telun Berasap.

Untuk bisa melihat air terjun dengan jelas, memang sedikit agak turun tangga yang sudah dipersiapkan. Namun, perlu hati-hati. Bagi yang tidak terbiasa mendaki perlu ditemani, sebab dikala turun tangga tidak terasa letihnya akan tetapi ketika akan kembali ketempat semula akan terasa letihnya terlebih tangga yang akan dilewati selain berkelok-kelok juga jumlahnya mencapai ratusan anak tangga dengan kemiringan yang sangat terjal.

Memang belum lah lengkap, jika tiba dilokasi air terjun tanpa memandangnya dari jarak dekat. Sebab dari jarak dekat bisa dinikmati keindahan air terjun yang sangat deras dan tebing yang terjal berketinggian sekitar 200 M dan suhu udara yang sejuk.

Daya tarik keindahan Air Terjun Telun Berasap semakin menjadi istimewa bila dilihat pada saat terik mata hari, karena saat itulah air terjun Telun Berasap akan tampak dikelilingi oleh pelangi-pelangi besar yang membentuk cincin.

Tidak salah pula, hampir setiap minggunya lokasi ini juga menjadi tempat favorit bagi anak muda yang sedang memadu kasih, karena lokasi ini dianggap menjadi tempat yang paling romantis diantara lokasi-lokasi objek wisata yang lain.

Bagi pengujung tidak perlu mengkawatir jika tidak membawa bekal, lantaran di objek wisata alam ini juga terdapat rumah makan dan juga tempat beristirahat yang dipersipakan bagi pengunjung untuk melepaskan lelah.

Demikian pula keamanan kendaraan ataupun keamanan yang lainnya juga terjamin, karena dilokasi ini beberapa orang petugas siap untuk membantu, tentunya hanya dengan biaya yang sangat terjangkau.(***)

Dicopy dari Jambiekspres.co.id


Info untuk kenyamanan perjalanan wisata anda.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar