Sabtu, 07 Maret 2009

Potensi Air Terjun Tancak

Air Terjun Tancak

Oleh : Frans Erick

10-Mei-2008, 08:56:01 WIB - [www.kabarindonesia.com]

KabarIndonesia - Jember - Soal potensi wisata, Jember sebenarnya punya segalanya. Selain punya potensi laut, Jember juga punya gunung dan air terjun di beberapa kecamatan. Sayang, semua potensi yang dimiliki tersebut belum sepenuhnya tergarap secara optimal.

Salah satu potensi wisata itu adalah air terjun tancak di Desa Suci Panti. Daerah perbukitan 16 kilometer dari kota Jember itu memiliki ketinggian air terjun 82 meter dan debit air 150 meter kubik per detik. Dengan keindahan alamnya, menjadikan tancak sebagai tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Hanya saja, tidak mudah untuk mendatangi tempat wisata yang keindahan alamnya masih terjaga tersebut. Selain jalan yang hanya setapak, juga tak bisa dijangkau dengan kendaraan. "Jalannya sempit dan naik turun. Hanya anak-anak pecinta alam mahasiswa yang sering ke sini," kata tokoh masyarakat Desa Suci Panti, Abdul Hubet.

Menurut dia, sebelum banjir bandang 2005 silam banyak wisatawan berkunjung ke air terjun tersebut. Namun karena akses jalan satu-satunya hilang diterjang banjir, Tancak seperti terisolasi dan hampir tak pernah lagi dikunjungi wisatawan. Kini, dua tahun lebih pasca banjir bandang, potensi besar itu seperti terlupakan. (erje)

dicopy dari www.Kabarindonesia.com


Info untuk kenyamanan perjalanan wisata anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar